Teknologi Web

Teknologi Web
Web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar”(root), yang disebut homepage dan biasanya disimpan dalam server yang sama.

Web memiliki kemampuan link yang sangat bagus. Keistimewaan inilah yang telah menjadikan Web sebagai service yang paling cepat pertumbuhannya. Web mengizinkan pemberian highlight pada kata atau gambar dalam sebuah dokumen untuk dihubungkan ke media lain seperti dokumen, frase, movie clip, atau file suara. Dengan sebuah browser yang memiliki Graphical User Interface (GUI), link-link dapat dihubungkan ke tujuannya dengan menunjuk link tersebut dengan mouse dan menekannya. Sistem informasi yang terdistribusi oleh web berbasis hypertext. Dokumen yang menjadi unsur utama di dalam web dapat dinyatakan dalam beberapa tipe. Tipe yang paling populer adalah dokumen hypertext yang disusun menurut bahasa khusus, seperti Hypertext Markup Language (HTML) sedangkan untuk interaktif web atau dynamic page terdapat banyak pilihan, salah satunya adalah PHP Hypertext Preprocessor (PHP).

Pada prinsipnya web bekerja dengan cara menampilkan file PHP yang berasal dari server web pada program client, yaitu browser web. Program browser pada client mengirim permintaan kepada server web, yang kemudian dikirimkan oleh server dalam bentuk Format HTML. File PHP berisi instruksi-instruksi yang diperlukan untuk membentuk dynamic page. Perintah-perintah PHP ini kemudian diterjemahkan oleh browser sehingga isi informasinya dapat ditampilkan secara visual kepada pengguna di layar komputer. Pada penggunaannya, mekanisme web juga dapat diakses melalui Local Area Network (LAN) sehingga tidak perlu terhubung dengan internet.

PHP
PHP adalah salah satu bahasa programming sangat popular saat ini. Dari segi sejarah, PHP telah lama dibangunkan. Ia bermula daripada bahasa yang kecil dan simple untuk kegunaan pembangunan homepage personal. PHP merupakan script yang memang dibuat khusus buat meningkatkan fungsi website. Waktu pengunjung membaca homepage, server menjalankan perintah PHP, yang antara lain membangkitkan kode HTML tertentu. Browser pengunjung hanya akan menerima kode HTML akhir. Tidak ada kode PHP yang diterima langsung oleh Browser.

Beberapa keuntungan menggunakan PHP :

  1. PHP bersifat bebas pakai (free)
  2. Life cycle yang singkat, sehingga PHP selalu up to date mengikuti perkembangan teknologi internet.
  3. Cross platform, PHP dapat dipakai di hampir semua web server yang ada di pasaran (Apache, Microsoft IIS, dan lain-lain). Dengan demikian proses developing dapat dilakukan menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan sistem operasi yang digunakan setelah publish.
  4. PHP mendukung banyak paket database baik yang komersil maupun nonkomersil, seperti Oracle, MySQL, postgreSQL, dan lain-lain

MySQL
MySQL adalah salah satu perangkat lunak Sistem Manajemen Database atau Database Management Sistem (DBMS) yang sangat terkenal dan Populer saat ini. Bila kita berbicara tentang MySQL, maka jenis database akan identik dengan pemrograman berbasis web sebab sebagian besar programmer web memadukan PHP dengan MySQL sebagai platform databasenya.

Pada awalnya, database MySQL adalah sebuah sistem shareware, yaitu suatu perangkat lunak yang dapat didistribusikan bebas untuk keperluan pengguna secara pribadi. Kemudian, bila perangkat lunak akan digunakan secara komersial, maka pemakai harus mempunyai lisensi pembuatnya. Namun saat ini, MySQL adalah perangkat lunak open source sehingga dapat didistribusikan bebas dan digunakan untuk keperluan pribadi atau komersial.

MySQL memiliki banyak kemudahan untuk dipelajari dan digunakan. Beberapa hal penting yang menyebabkan MySQL dikenal dan banyak digunakan orang adalah :

  1. MySQL mudah dipelajari, baik dalam hal struktur database maupun pengguna query.
  2. MySQL dapat dijalankan dan menangani banyak user dalam waktu bersamaan.
  3. Kelebihannya dapat menampung lebih dari lima puluh juta record membuat MySQL merupakan pilihan tepat untuk menampung record suatu instansi atau perusahaan skala kecil dan menengah.
  4. MySQL mempunyai kecepatan cukup signifikan dalam hal eksekusi perintah dibandingkan dengan paket database lainnya.
  5. MySQL menyediakan dokumen open source sehingga pengguna leluasa melakukan perubahan-perubahan source code untuk mengembangkan sistem sesuai dengan kebutuhan.
  6. MySQL memiliki User Privilege Sistem yang sangat mudah dan evisien.
  7. Database MySQL dapat dipindahkan atau dimigraasikan ke paket database lainnya. misalnya Oracle yang sudah membuat modul khusus untuk memudahkan proses. Dengan kata lain, orang sangat memperhitungkan eksistensi MySQL sebagai paket database yang banyak digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: